Tanggapi Kasus Pembusuran, Forum Kajian dan Konsolidasi Pemuda Galesong Raya Gelar Dialog Publik

GALESONG, ARUSMUDA.COM - Menanggapi kasus pembusuran yang marak terjadi, Forum Kajian dan Konsolidasi Pemuda Galesong Raya menggelar Dialog Publik. 

Dialog Publik yang mengusung tema "Galesong Raya dan Dekadensi Keamanan: Sebuah Tinjauan Hukum-Sosiokultural" itu, dilaksanakan pada Ahad, 15 Mei 2022 pukul 14.30 Wita-Selesai, di Warkop GOSP Galesong dan dipandu oleh Demisioner Ketua Osis Sma Negeri 5 Takalar, Muh Asmin Rahman. 

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Polisi Resor (Kapolres) Takalar yang diwakili oleh Kasat Reskrim, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Galesong Selatan, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Galesong Utara, Komandan Kodim (Dandim) Takalar, Komandan Koramil (Danramil) Galesong, Komandan Koramil (Danramil) Galesong Utara, dan Ketua DPK KNPI Kecamatan Galesong sebagai narasumber. 

Turut hadir juga Bhabinkantibmas se-Galesong Raya, Osis Se-Galesong Raya, dan Organisasi Kepemudaan lainnya. 

Pada kesempatannya, Kapolres Takalar yang diwakili oleh Kasat Reskrim, IPTU M. Agus P. SH. MH mengatakan, bahwa kasus pembusuran yang terjadi di beberapa daerah utamanya di Galesong Raya dikarenakan dua faktor. 

"Ada dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya kasus pembusuran, yaitu faktor internal yang bisa saja adanya kemerosotan moral dan faktor eksternal seperti pergaulan bebas dan rendahnya tingkat pendidikan," kata 

Lebih lanjut, ia membeberkan, bahwa Polres Takalar terus berbenah mengawal kasus kriminalitas, hal itu terbukti dengan adanya beberapa pelaku kejahatan yang berhasil diringkus. 

"Kami dari Kapolres Takalar sejauh ini sudah memaksimalkan pengawalan dan pengawasan di daerah Takalar, sudah ada korban yang berhasil diringkus dari kasus pembusuran, salah satunya yang terjadi di Galesong," bebernya. 

Di lain hal, Dandim 1426 Takalar yang diwakili oleh Danramil Galesong, Kapten ARM Hasbullah H menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengaktifkan Bhabinkantibmas di seluruh desa yang ada. 

"Kami akan memaksilkan Bhabinkantibmas di pelosok Desa yang ada di kecamatan masing-masing, hal itu sebagai upaya untuk membentengi Galesong Raya dari desa ke desa," ucap 

Sementara itu, Camat Galesong, Muhammad Yusuf S. Pd M. Ap menerangkan, bahwa Pemerintah Kecamatan akan berkoordinasi intens dengan para Pemerintah Desa. 

"Kami dari Pemerintah Kecamatan tentunya sangat menggaris bawahi kasus pembusuran itu, makanya kami akan berkoordinasi sebaik mungkin ke setiap desa yang ada di Galesong," pungkas Muhammad Yusuf.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top