Ketua IMSAD FIB-UH Dorong Andi Sudirman Sulaiman Buat Terobosan Pemajuan Bahasa Daerah dan Aksara Lontara

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Andi Sudirman Sulaiman Resmi menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) setelah sebelumnya menjabat sebagai Penanggung Jawab (PJ) Gubernur Sulawesi Selatan. Jakarta, 10 Maret 2022.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (IMSAD FIB-UH) mendorong Andi Sudirman Sulaiman untuk membuat terobosan pemajuan Bahasa Daerah dan Aksara Lontara di Sulsel.

Menurut Ketua Umum IMSAD FIB-UH, Firmansyah Demma menyampaikan, bahwa Sulsel merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya terutama Bahasa dan Aksara.

"Sulawesi Selatan ini adalah salah satu dari banyaknya Provinsi di Indonesia yang kebudayaannya begitu melimpah, terutama Bahasa Daerah dan Aksara Lontara," ucap Firmansyah.

Lebih lanjut, Mahasiswa Sastra Daerah Unhas angkatan 2019 itu juga mendorong Andi Sudirman Sulaiman agar membuat terobosan baru dalam hal pemajuan Bahasa Daerah dan Aksara Lontara.

"Bahasa Daerah dan Aksara Lontara perlu untuk dilestarikan sebagai bentuk pemajuan Budaya, oleh karena itu saya mendorong Pak Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur baru Sulsel untuk membuat terobosan baru, yaitu membuat Regulasi tentang penggunaan Aksara Lontara di ruang Publik se-Sulawesi Selatan dan juga regulasi yang mengatur tentang penggunaan Bahasa Daerah dalam dunia kerja, baik di Instansi Pemerintahan maupun Pendidikan, " terangnya.

Bukan hanya itu, ia juga mendorong agar Gubernur baru Sulsel itu membuat Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penerapan kurikulum Bahasa Daerah secara paten di setiap sekolah yang ada di Sulsel.

"Gubernur Sulawesi Selatan perlu membuat regulasi tentang wajibnya penerapan Kurikulum Bahasa Daerah di setiap Sekolah baik SD/SMP/SMA/Sederajat yang ada di Sulawesi Selatan, tentunya itu harus tertuang dalam bentuk Peraturan Gubernur (Pergub)," tambahnya.

Di akhir, ia mengungkap, bahwa IMSAD FIB-UH akan memberikan kolaborasi yang baik jika Pemprov Sulsel melakukan terobosan tersebut.

"Kami akan membantu Pemprov Sulsel secara kolaboartif jika terobosan-terobosan tersebut benar-benar ingin diwujudkan, demi pemertahanan dan pemajuan Kebudayaan yang ada di Sulsel ini," pungkasnya. 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top