Bupati Dan Wabup Bone Kembali Akan Beli Mobdin, Dinas Damkar Meradang

BONE, ARUSMUDA.COM - Penempatan skala prioritas kebijakan anggaran yang mengarah pada kepentingan publik pada APBD 2018 Kabupaten Bone ternyata masih sebatas angan-angan. Sebagian besar anggaran masih berpihak pada pelayanan pejabat.

Hal ini terbukti pada pengalokasian anggaran Belanja Langsung (BL) di Sekretariat Daerah (Setda) Bone yang mengalami peningkatan signifikan hampir 100 persen yakni, dari 25 Milyar pada APBD 2017 meningkat menjadi 35 Milyar atau bertambah sebesar 10 Milyar.

Peningkatan anggaran yang signifikan ini ternyata dipicu oleh pengadaan 5 unit Mobil Dinas (Mobdin) senilai 4,8 Milyar. Mobdin yang dimaksud terdiri dari 2 unit Toyota Alfhard untuk Bupati dan Wakil Bupati, 1 Unit Toyota Fortuner untuk Sekretaris Daerah (Sekda), dan 2 Unit Mobil Operasional.

"Pengadaan ini untuk Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2018",ungkap Budiono, Kepala Bagian Keuangan Setda Bone, Senin 17 Desember 2017.

Ironisnya, peningkatan alokasi anggaran yang signifikan ini berbanding terbalik pada pengalokasian anggaran BL di Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar) Bone yang justru mengalami penurunan dari 6,4 Milyar pada tahun 2017 turun menjadi 4,9 Milyar.

Padahal di sisi lain, seperti diungkapkan Kepala Dinas Damkar Bone, Andi Syahrul bahwa, selaku lembaga pelayanan publik, sejak lama pihaknya meradang akibat kekurangan armada Mobil Damkar, sehingga tidak pernah tepat waktu dalam mengantisipasi setiap kejadian kebakaran yang berada di luar kota.

"Untuk saat ini hanya di kota saja kita bisa beri pelayanan maksimal, tapi untuk daerah pelosok kalau begini terus, nanti berhenti terlambat kalau sudah kiamat",ketusnya.

Sumber: BoneSatu

Posting Komentar

0 Komentar