Anggaran 4 Milyar, Lampu Jalan Tidak Menyala

BONE, ARUSMUDA.COM - Meski sudah menggelontorkan anggaran sebesar 4 Milyar Rupiah dalam APBD 2017 untuk pengadaan lampu jalan, namun rupanya proyek dari Dinas Perindustrian Bone ini belum juga bisa berjalan mulus sesuai harapan.

Pasalnya, sejumlah bola lampu yang telah terpasang sejak beberapa pekan terakhir ternyata sampai saat ini belum juga bisa menyala. Seperti yang terjadi pada puluhan titik lampu yang berada di poros Jl. Jend. Ahmad Yani, tepatnya mulai perapatan 4 dengan Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo menuju arah barat, dimana jalur yang telah dipasangi balon baru tersebut terlihat gelap dimalam hari.

Kepala Dinas Perindustrian Bone, Andi Aswar yang dikonfirmasi mengatakan, masalah ini terjadi akibat banyaknya kerusakan pada jaringan instalasi yang butuh biaya pemeliharaan. Sementara menurutnya, biaya pemeliharaan tidak mencukupi karena hanya sebesar 40 juta.

" Banyak kabel yang rusak, ada juga yang tidak diisolasi, makanya saya bilang, biar begitu saja dulu, nanti coba kita upayakan, kalau bisa anggarannya ditambah diperubahan",ujarnya.

Aswar lalu merinci bahwa, anggaran 4 Milyar yang tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk pengadaan ini meliputi 3 item pekerjaan yang terpisah, yakni anggaran pengadaan lampu LED sebanyak 500 unit sebesar 3,8 Milyar, Ongkos pemasangan 125 juta dan biaya pemeliharaan sebesar 40 juta.

" Semua lampu ini akan kita pasang untuk penerangan lampu dalam kota, kita utamakan pada titik menuju jalur poros, tapi tidak ada yang sampai di luar kota",ujarnya.

Adapun titik jalur yang dimaksud lanjutnya, selain jalur JL. Ahmad Yani, jalur lainnya yaitu, depan Rumah Jabatan (Rujab) menuju arah selatan, Jalur tugu lingkaran menuju JL. Veteran poros Wajo, Jalur menuju Poros Bajoe dan Jalur poros Sinjai di JL. Jend. Sudirman.

Sumber: bonesatu.com

Posting Komentar

0 Komentar