Program Kreatif Ransel Buku Sindikasi Pena Hijau


TAKALAR, ARUSMUDA.COM -
Upaya menghela gerakan literasi di Takalar agar kian melaju, tak henti dilakukan oleh Sindikasi Pena Hijau. Teranyar, komunitas yang fokus menebarkan 'virus' baca-tulis di kalangan muda Takalar meluncurkan program "Ransel Buku".

Dari segi desain, programnya sederhana saja, hanya membutuhkan relawan dari guru atau siswa yang akan menjadi kurir penyandang ransel yang berisi buku-buku. Saban hari, mereka membawa buku-buku itu ke sekolah untuk dipinjamkan ke warga sekolah yang berminat.

Buku-buku yang digunakan, selain koleksi komunitas yang masih segelintir, juga ditopang oleh bahan bacaan yang dipinjamkan oleh pegiat komunitas. Tentu saja, sambil mengajak berbagai pihak untuk mendonasikan bukunya bagi program ini.

Penanggungjawab program, Ahmad Rusaidi, S.Pd.I yang juga guru di SMA Negeri 9 Takalar ini berharap agar warga sekolah bisa berpartisipasi dalam program ini, baik sebagai relawan penyandang ransel, donatur buku, atau sebagai pembaca yang aktif.

Saat ini, telah ada sekira 30an judul buku yang beredar di kalangan guru dan siswa. Memang ini jumlah yang masih sedikit, tapi sebagai sebuah langkah awal, ini sesuatu yang luar biasa. 

"Sambutan siswa sangat tinggi, apalagi ketersediaan bahan bacaan di perpustakaan sekolah juga masih terbatas. Hadirnya Ransel Buku, bisa menjadi alternatif ketersedian bahan pustaka yang berkualitas di sekolah." Terangnya.

Menurutnya, selain SMA Negeri 9 Takalar, segera menyusul SMA Negeri 11 Takalar dan SMA Negeri 1 Takalar yang akan menikmati layanan Ransel Buku. Ujar Ahmad, "Kami sementara komunikasi dengan calon relawan pemanggul ransel di masing-masing sekolah."

Dari pengalaman program Ransel Buku setelah beberapa pekan, bahan pustaka yang lumayan tinggi peminatnya adalah buku-buku fiksi seperti cerpen, puisi, dan novel. Sementara untuk buku non fiksi, pembaca mencari buku-buku motivasi.

Bagi pihak-pihak yang bersedia mendukung program ini, baik sebagai relawan pemanggul ransel atau donatur bahan pustaka, silakan menghubungi Ahmad +62 852 9928 2945 atau di hotline Sindikasi Pena Hijau +62 852 4710 5493.

Posting Komentar

0 Komentar