Wabup Soppeng: Pemuda Tani HKTI Akselerasi Gerakan Petani Milenial Di Soppeng


SOPPENG, ARUSMUDA.COM -
Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, M.P.  berharap kehadiran Pemuda Tani HKTI di Kabupaten Soppeng, bisa menggairahkan petani milenial di Soppeng yang saat ini baru di angka 18%. 

Hal tersebut diungkap Lutfi saat menjamu Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Sulsel Rachmat Sasmito, S.T., M.Si. beserta rombongan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Soppeng, Jumat (11.03.2022) malam. 

Dalam pertemuan yang merupakan rangkaian Pelantikan dan Rapat Kerja DPC Pemuda Tani HKTI Soppeng yang akan digelar Sabtu (12.03.2022) di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng tersebut, Lutfi juga berharap terbangunnya sinergi antara Pemuda Tani dengan Pemerintah Daerah. 

"Dengan adanya pelantikan Pemuda Tani HKTI Soppeng, semoga bisa bermitra dengan pemerintah daerah, serta bagaimana bisa mendorong petani milenial di Soppeng yang saat ini jumlahnya baru 18%." Harap Lutfi yang juga Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulsel. 

Selain itu, Lutfi juga meminta Pemuda Tani bisa  mendorong agar pertanian di Soppeng bertransformasi menjadi pertanian modern. 

"Kita perlu mendorong modernisasi pengolahan komoditi tanaman industri, seperti kelapa, jagung, dan kopi. Sekarang lagi booming kopi Mattabulu dan Kopi Tungke Umpungeng. Bagaimana Pemuda Tani HKTI Soppeng bisa mengambil peran di situ." Lanjutnya. 

Terakhir, Lutfi mendorong agar Pemuda Tani bisa mempelopori pertanian organik di Soppeng. Pemuda Tani menjadi contoh UMKM, seperti membuat burger dari selada dan tomat. Serta mengingatkan agar pelaku usaha tani muda tidak lupa bersedekah. 

"Sedekah satu gelas beras bagi masyarakat yang belum mendapat bantuan pemerintah.” Pungkas mantan Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sulsel ini dengan muka semringah. 

Menanggapi harapan Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Sulsel, Rachmat Sasmito juga menaruh harapan pada Pemuda Tani Soppeng. 

“Soppeng sebagai Kabupaten penyangga pangan telah melakukan regenerasi di sektor pertanian ditandai dengan kepedulian pemuda membantu pemerintah Kab. Soppeng untuk terus mewujudkan Kab. Soppeng sebagai penyangga pangan nasional." Terang Kak Mito, sapaan akrabnya.

Kak Mito juga meminta agar Pemuda Tani HKTI Soppeng yang akan segera dilantik bisa memberikan warna baru bagi pengembangan dan penciptaan tenaga kerja di sektor pertanian. "Soppeng tidak pernah kehabisan tokoh pemuda yang mau peduli dan terus bergerak untuk pertanian”, tutup Rachmat Sasmito. 

Turut membersamai Kak Mito dalam rombongan, tampak Baihaqi Zakaria, S.Si (Sekretaris),  Bahtiar Manadjeng, S.P. (Bendahara) Jusri Adi, S.IP, M.Si. (Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan), dan Muh. Kasman, S.E., M.Si. (Wakil Ketua Bidang Hukum dan Kerjasama). 

Tampak pula, Irwan, S.P. (Pendamping DPC Pemuda Tani Kab. Wajo), Andi Sri Wulandani, S.IP. (Pendamping DPC Pemuda Tani Kab. Soppeng), Ulil Amri, S.P. (Ketua DPC Pemuda Tani HKTI Kab. Soppeng, Hendra Sangaji, S.P. (Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dan Raker, serta Putra Rusman (Bendahara DPC Pemuda Tani Kab. Soppeng). 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top