Menatap Masa Depan Emas Masika ICMI Sulsel


OPINI, ARUSMUDA.COM -
Sabtu, 12 Februari 2022. MASIKA ICMI SULSEL akan mengadakan Musyawarah Wilayah VIII. Roda organisasi akan terus berjalan. Berkembang. 

Sejak awal, saya bergabung di MASIKA ICMI SULSEL, saya sangat yakin bahwa pengurus-pengurus yang dilantik, bukan orang biasa. Pengurus Pilihan. Rekam jejaknya susah diikuti. Mereka, pemimpin dimana mereka berada. Sederhana dan tidak berlebihan: MASIKA ICMI SULSEL bertabur ‘bintang-bintang’ pemimpin masa depan. 

Sebelumnya, MASIKA ICMI SULSEL periode 2019-2022 dibawah kepemimpinan drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort (K). Saya akrab memanggilnya Kak Ardi. 

Beliau berhasil menggairahkan pengurus lebih semangat dalam berorganisasi. Kompak. Hasilnya, bersama pengurus telah merealisasikan berbagai program kerja strategis. 

Kegiatannya pun terdokumentasi dengan baik secara digital. MASIKA ICMI SULSEL makin terasa di masyarakat. Perjuangan pengurus dari periode ke periode kepengurusan semakin lebih nyata dalam mewujudkan tujuan oganisasi. 

Arah perjuangan ber-MASIKA, jelas di Anggaran Dasar. Tujuan organisasi yaitu mengembangkan ethos keilmuan dan kecendekiawan kaum muda muslim Indonesia dengan nilai-nilai kualitas iman taqwa, kualitas pikir, kualitas karya, kualitas kerja, dan kualitas hidup bangsa Indonesia. 

Untuk mencapai tujuan, kegiatan yang dilakukan meliputi: 

• Memperluas horison pemikiran dalam rangka mempertajam sensibilitas moral dan intelektual anggotanya; 

• Meningkatkan apresiasi atas warisan/tradisi keilmuan dan pemikiran dari berbagai sumber peradaban; 

• Menguji atau melakukan validasi terhadap keilmuan praktik diskusi keilmuan dan kerangka-kerangka paradigma yang mendasarinya; dan 

• Mempersiapkan sumber daya yang handal dalam rangka mengaktualisasikan fungsi kecendekiawanan dalam bidang sosial, politik, ekonomi, budaya dan teknologi. 

Di Muswil nanti, ‘Ardi baru’ akan terpilih. Tentu, tantangannya semakin berat. Namun, arah perjuangannya sudah jelas. Mencapai tujuan organisasi. 

Hal terpenting yang perlu dirumuskan dokumennya ialah Rencana Pengembangan MASIKA ICMI SULSEL jangka pendek (periode 2022-2026); jangka menengah (periode 2027-2031) dan jangka panjang (periode 2031-2035). 

Rencana ini akan memberikan gambaran ke semua pengurus MASIKA ICMI SULSEL tahun 2035. Ada kesamaan pikir, kesamaan tindakan oleh pengurus setiap periode dalam mewujudkan tujuan perjuangan MASIKA ICMI SULSEL. 

Siapapun Ketua terpilih, tugasnya sudah menanti. Tantangan lainnya ialah mampu menjaga ritme. Terutama, speed-nya minimal sama periode sebelumnya. 

Beberapa pengurus yang akan maju hingga saat ini, sebutlah (maaf, tanpa gelar, sesuai urutan abjad): Andi Alfian Zainuddin; Asri Tadda; Ismawan Amir; Nur Riswandy Marsuki; dan Taqwa Bahar. 

Bisa dilacak jejak digitalnya. Berkualitas. Mampu menjaga dan mengembangkan tradisi kecendekiawan. Juga memahami peran dan tanggung jawab sebagai kaum muda Islam di Indonesia. 

Saya yakin, mereka mampu menjawab tantangan ber-MASIKA jika kelak terpilih. Mampu membawa MASIKA ICMI menggapai tujuannya. 

Aminullah Hygea, Ketua Panitia MASIKA FEST I 

Sumber: masikanews


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top