Kasman McTutu Berbagi Pengalaman Menulis Buku Di Project A Book Garap Hipermara


TAKALAR, ARUSMUDA.COM -
Ahad (30.01.2022) siang, Kasman McTutu hadir dan berbagi pengalaman bagaimana menulis buku di hadapan peserta Project A Book yang digelar oleh Badan Khusus Gerakan Aksara Paraikatte (BK-Garap) Himpunan Pelajar Mahasiswa Takalar (Hipermara). 

Kegiatan yang digelar di Sekretariat KAPTAR di bilangan Kelurahan Sombalabella, Takalar itu dihadiri dua puluhan peserta yang disiapkan untuk menjadi penulis buku yang akan diterbitkan oleh Garap Hipermara, dalam rangka Gerakan 1000 buku untuk pelajar. 

Pada kesempatan tersebut, penulis Kumcer 'Adikku Daeng Serang' ini menjelaskan bahwa salah satu kendala utama dalam proses penulisan buku adalah konsistensi penulis pada rentang waktu penulisan yang telah mereka buat, hal itu bisa membuat jadwal penerbitan buku menjadi molor. 

"Kita kadang, kurang konsisten dengan rencana penulisan yang telah kita susun sendiri, kita keasyikan menunda-nunda proses penulisan hingga tak sadar, date line penerbitan sudah menjelang." Ujar founder makassarbuku.net ini. 

Tapi menurut Kasman, kendala teknis yang paling sering melanda penulis belia adalah kemampuan memilih diksi yang tak klise. "Sebagai pemula, kita terkadang sulit menemukan kata yang tepat untuk memulai sebuah tulisan." 

Penulis kumpulan esai 'Reinventing Tjokro' ini meminta peserta untuk rajin membaca. Kasman juga menyarankan agar peserta bisa mulai merutinkan mendaras KBBI, PUEBI, dan Tesaurus. 

"Membaca bisa memperkaya kosakata dan mempelajari gaya merangkai kata serta menulis kalimat para penulis yang sudah terkenal. Tapi jangan cuma membaca status di media sosial, paksa diri kita membaca karya-karya kanon." Pungkas pembina Komunitas Pena Hijau Takalar ini.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top