UP2K3 FT-UH Bersama Disnakertrans Provinsi Sul-Sel Gelar Seminar dan Workshop K3 Usia Dini Secara Daring

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Sebagai tindak lanjut dari pencanangan gerakan K3 Usia Dini pada bulan K3 - Februari 2020, Unit Pengkajian dan Penerapan K3 (UP2K3) Fakultas Teknik Unhas bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sul–Sel mengadakan Pelatihan ToT K3 Usia Dini.

Kegiatan yang bertajuk Seminar dan Workshop K3 Usia Dini level Provinsi Sulawesi Selatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa perusahaan di Sul-Sel diantaranya adalah dari PLN Wilayah Sulselrabar, PT Semen Tonasa, Pertamina Region VII, Trakindo Makassar dan dari PT Energi Sengkang. Selain perwakilan peserta dari beberapa perusahaan itu, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa guru sekolah dasar dari sekolah binaan masing masing perusahaan yang ditunjuk oleh perusahaan perusahaan itu sebagai peserta pendamping dari perusahaan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadisnakertrans Sul-Sel Ir. Andi Darmawan Bintang M.Dev.PLG. Dalam sambutannya, Pak Darmawan menekankan pentingnya sosialisasi dan pelaksanaan budaya K3 sejak usia dini. Hal ini karena pengubahan karakter seseorang untuk berbudaya K3 lebih mudah untuk dilakukan sejak usia dini dibanding ketika seseorang sudah mencapai usia kerja. Dengan demikian, diharapkan bahwa tenaga tenaga kerja masa depan Sul-Sel sudah akan menjadikan budaya K3 sebagai perilaku keseharian hidup mereka yang tentu saja dengan sendirinya akan meningkatkan daya saing industri Sulawesi Selatan.

Lebih jauh, Pak Darmawan menjelaskan bahwa Gerakan K3 Usia Dini level Provinsi Sulawesi Selatan ini diharapkan akan menjadi pelopor bagi pelaksanaan Gerakan K3 Usia Dini secara nasional.

Sebelumnya, Dr. Ir. H. Ilyas Renreng ketika memberikan pengantar sebagai Ketua UP2K3 FT-UH menekankan peran penting Fakultas Teknik Unhas di bawah UP2K3 sebagai pelopor bersama Disnakertrans Sul-Sel dalam membudayakan K3 sejak Usia Dini. Menurut Dr. Ilyas, pelaksanaan sosialisasi K3 Usia Dini telah dimulai sejak tahun 2017 di beberapa Sekolah Dasar di Kota Makassar dan Kab. Gowa. Gerakan K3 Usia Dini level Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Teknik dan bertujuan untuk menjadikan budaya K3 sebagai sikap mandiri kegiatan keseharian kelompok usia sekolah baik itu ketika mereka beraktifitas di rumah, tempat bermain, di jalan dan di sekolah.

Ketua Panitia Pelaksana Seminar dan Workshop K3 Usia Dini, Dr Syahid Arsyad menjelaskan bahwa pelatihan tahap 2 dengan peserta yang sama akan diadakan secara luring pada akhir bulan November 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ekstra ketat.

Rilis: M. Rizal Firmansyah, anggota UP2K3 Fakultas Teknik Unhas


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top