UP2K3 Fakultas Teknik Unhas Budayakan K3 Usia Dini di Sulawesi selatan


MAKASSAR, ARUSMUDA.COM -
Unit Pengkajian dan Pengembangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (UP2K3) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin melakukan pertemuan membahas Gerakan K3 usia dini bersama Disnaker Prov. Sulawesi Selatan dan sejumlah perusahaan di aula Disnaker Prov. Sulsel, Rabu (16/09/2020).

Gerakan Budaya K3 usia dini oleh UP2K3 Fak. Teknik Unhas telah dilakukan sejak tahun 2017 dengan melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah dasar. Namun gerakan ini perlu dilakukan secara sistematis dan terukur, sehingga dilakukan sinergi dengan pemerintah dan perusahaaan sebagai wujud kerjasama tripel helix UIG ( University, Industri and Goverment).

Pada pertemuan ini disepakati untuk bersinergi melakukan pelatihan TOT Budaya k3 Usia Dini yang melibatkan guru SD dan unsur K3 dari perusahaan. Setelah itu akan dilakukan edukasi ke sekolah binaan perusahaan. Diharapkan akan ada 2000 siswa SD yang akan menjadi target edukasi K3 di akhir tahun ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulawesi Selatan, A. Darmawan mengatakan bahwa Sulawesi Selatan akan menjadi yang terdepan dan menjadi contoh dalam gerakan budaya K3 Usia Dini. Hal ini penting agar K3 menjadi perilaku keseharian kita.

Adapun perusahaan yang akan terlibat dalam gerakan budaya k3 ini di antaranya PT Semen Tonasa, PT Trakindo Utama Cab. Makassar, PT Energy Sengkang, PT Pertamina Mor VII, PT Vale Indonesia, PLN Unit Induk Wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar, sert PT Indofood Sukses Makmur.

Posting Komentar

0 Komentar