Sambut Maba, Fakultas Teknik Unhas Gelar P2KMB Secara Virtual


MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Sebagai bentuk penyambutan bagi mahasiswa baru tahun 2020, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin menggelar Pembukaan Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) tahun 2020 secara online/dalam jaringan (daring) melalui virtual meeting zoom dan luar jaringan (luring).

Kegiatan yang dilaksanakan secara hikmat di Ruang Rapat Senat Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, pada selasa (08/09/2020) mengangkat tema "Bangun Katakter dan Kompetensi Untuk Raih Masa Depan".

Kegiatan yang tetap mengikuti protokol kesehatan ini, juga ditayangkan secara live streaming melalui youtube.

Pembukaan dilakukan secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Muhammad Thaha, MT. ditandai dengan penekanan sirine, para Wakil Dekan Fakultas Teknik, Ketua dan Sekretaris Senat, Ketua dan Sekretaris Departemen, dan segenap civitas akademika, serta 13 mahasiswa baru sebagai perwakilan departemen di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Penyematan jaket almamater sebagai tanda penerimaan mahasiswa baru berlangsung secara luring di Ruang Rapat Senat Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan diikuti serentak oleh seluruh mahasiswa baru secara online melalui virtual meeting zoom. Dilanjutkan dengan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan mahasiswa baru. 

Dalam pembukaan P2KMB Fakultas Teknik menampilkan mozaik secara virtual dengan melibatkan 900 mahasiswa baru. Mozaik ini dibuat sebagai bentuk antusias Mahasiswa Baru dalam mengikuti pelaksanaan P2KMB. Beberapa mozaik dibentuk untuk menggambarkan kondisi yang kita hadapi sekarang ini yakni berada di tengah pandemi, dan ditutup dengan formasi logo Universitas Hasanuddin berdampingan dengan Pahlawan Sultan Hasanuddin. 

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Mukti Ali “Penampilan mozaik dilaksanakan sejak tahun 2018, namun pada tahun ini dilaksanakan secara daring. Euforia P2KMB sangat meriah walaupun dilaksanakan secara daring dan hanya beberapa yang terlibat secara luring.  

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST. menjadi Keynote speaker pada Stadium General melalui virtual meeting zoom. Beliau menegaskan bahwa para mahasiswa baru harus selalu mencari dan menimba ilmu, menciptakan prodak yang dapat membantu masyarakat, selalu berinovasi dengan melihat permasalahan yang ada dan membuat solusi, memiliki akhlak dan karakter integritas, dan yang terpenting kejujuran adalah hal yang terdepan. Beliau adalah alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Pembukaan P2KMB ditutup dengan pemutaran film “Find The Treasure”. Video ini merupakan bentuk ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru dengan alur penjelajahan harta karun. Video ini merupakan karya mahasiswa Mentor Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Video ini dapat dilihat melalu akun youtube Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin 

Kegiatan P2KMB berlangsung selama dua hari di tingkat Fakultas pada tanggal 8-9 September 2020. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan Materi di tingkat Fakultas. Salah satu materi yang disajikan yaitu “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)”. Materi ini selalu diberikan setiap tahun di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dalam upaya mewujudkan kampus yang berbudaya K3.

Posting Komentar

0 Komentar