Pelepasan Mahasiswa Praktik Kerja Sosial Prodi Sosiologi UNM di Dinas Sosial Kota Makassar

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Sebanyak 50 orang mahasiswa dari Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM, dilepas dan diserahterimakan ke Dinas Sosial Kota Makassar, kamis (10/10/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar ini dihadiri langsung oleh Ketua Prodi Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah Idrus didampingi dosen pengampu mata kuliah, Mario dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Bapak Dr. H. Mukhtar Tahir, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Idham Irwansyah menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoA yang ditandatangani tahun 2018 antara Prodi Sosiologi FIS UNM dengan Dinas Sosial Kota Makassar. Di mana salah satu bentuk kesepakatannya adalah pelaksanaan Praktek Kerja Sosial (PKS) bagi mahasiswa pada Dinsos Kota Makassar.

"Khusus PKS tahun ini, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan pendampingan pada kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selama lebih kurang 2 bulan." Terang Idham.

Lanjutnya lagi, mahasiswa yang telah dibekali ilmu pengetahuan berupa teori-teori sosial, akan turun langsung mendampingi PMKS dengan harapan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam mengungkap latar masalah kelompok PMKS dan diharapkan pula dapat menghasilkan karya ilmiah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan PMKS tersebut.

Sementara itu, Mukhtar Tahir menyambut baik pelaksanaan PKS pada Dinas Sosial Kota Makassar yang merupakan tahun ke-2 program kerjasama yang dicanangkan dengan Prodi Sosiologi FIS UNM. Terkhusus sasaran Praktek yaitu kelompok PMKS, maka saat ini terdapat 26 kelompok yang tergolong PMKS, antara lain Balita terlantar, korban NAPZA, korban bencana, perempuan rawan sosial ekonomi, bahkan sampai Manula terlantar.

"Semoga pelaksanaan PKS berlangsung dengan baik dan bisa menghasilkan inovasi yang dapat diimplementasikan oleh Dinas Sosial Kota Makassar dalam meminimalisir kelompok PMKS di Kota Makassar." Ungkap Mukhtar.

Pada kesempatan ini diserahkan Surat Izin beserta daftar nama mahasiswa peserta Praktek Kerja Sosial dari Prodi Sosiologi kepada Dinas Sosial Kota Makassar.

Posting Komentar

0 Komentar