HMI MPO Makassar Hadirkan Muhiddin M. Dahlan Bahas Soal Literasi

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Sebagai bagian dari upaya menguatkan tradisi literasi di kalangan kader, Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Makassar menggelar bincang literasi, Kamis (17/10/2019) malam.

Kegiatan yang digelar di Rumata Artspace Makassar dengan tema HMI dan Kultur Literatif ini menghadirkan tiga orang pegiat literasi yang lahir dari rahim HMI MPO. 

Mereka adalah Sulhan Yusuf (Direktur Paradigma Institute Makassar) Muhiddin M Dahlan (Guru Utama di program Kelas Menulis Kreatif Radio Buku Yogyakarta), dan Bahrul Amsal (Redaktur Kalaliterasi.com).

Muhiddin yang karib disapa Gus Muh mengungkapkan bahwa literasi beranjak daei bacaan. Baginya, memulai membaca buku itu harusnya memang dirancang untuk mempersiapkan sesuatu ke depan.

“Membaca itu harus dirancang, sehingga ada yang dinamakan disiplin ilmu,” ujarnya.

Sementara Sulhan Yusuf berharap agar para pengurus tetap berpikir meningkatkan kualitas intelektual. “Kader HMI MPO diharapkan kembali merapat di nuansa literasi, seperti menulis di kolom opini koran paling tidak koran lokal,” harapnya.

Hal menarik lain dikemukakan oleh Bahrul, baginya, ada problem antara HMI dan kultur literatif, “Wacana intelektual dan HMI sekarang ini agak berjarak, itu ada yang menjadi masalah dan harus dicarikan solusinya."

Posting Komentar

0 Komentar