Songkok Tradisional Made In Lasiai, Produk Lokal Yang Luput Dari Perhatian Pemerintah Setempat

SINJAI, ARUSMUDA.COM - Mungkin belum banyak diantara kita yang tau bahwa Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur memiliki satu produk local yang bernilai ekonomi tinggi.

Produk tersebut berupa songkok tradisional berbahan dasar serat lontar. Songkok tradisional to Lasiai ini hampir mirip dengan songkok pamiring.

Menurut pemiliknya, Usman bahwa sebenarnya kerajinan ini cukup berpotensi dan menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat. Terbukti, usaha ini mampu menyerap tanaga kerja. Namun demikian, usaha ini masih luput atau belum mendapat perhatian pemerintah setempat.

Meski belum mendapatkan perhatian pemerintah, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) songkok to lasiai  ini, hasilnya juga dijual ke luar derah. 
Usman merupakan Warga Dusun Korasa Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur, yang menjalankan usaha pembuatan songkok tradisional ini mengatakan, bahwa dirinya dan keluarga sudah lebih sepuluh tahun menggeluti usaha tersebut
Mereka menjualnya seharga Rp 80.000 hingga 120. 000 hanya saja ia mengakui bahwa usahanya itu terkendala dari segi modal sehingga butuh perhatian dari pemerintah.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top