Disfungsi Gadget Merusak Diskursus


OPINI, ARUSMUDA.COM - Gadget sebagai media komunikasi modern yang bermanfaat bagi manusia, namun di eraglobalisasi sekarang ini, gadget berkembang di masyarakat ke arah yang memprihatinkan, karena peralihan fungsi gadget diakibatkan pola pikir manusia yang tidak searah dengan fungsi gadget yang semestinya. Sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif yang terjadi di kalangan masyarakat. Seperti  manusia memanfaatkan gadget untuk melakukan perselingkuhan, lupa waktu, penipuan, kekerasan seksual, meneror seseorang, memfitnah seseorang dan sebagainya.

Kehadiran gadget menjadikan manusia cenderung asik sendiri dengan gadgetnya sehingga tidak menghiraukan lingkungan sekitarnya, hal ini menyebabkan terjadinya perubahan komunikasi dan interaksi seseorang. Penggunaan gadget sering kali menimbulkan terjadinya penipuan dikarenakan kemudahan yang disuguhkan dari fitur-fitur yang ada dalam gadget sehingga seseorang menyalahgunakan fitur tersebut untuk melakukan aksi kejahatan.

Salah satu faktor mengapa seseorang menyalahgunakan fungsi gadget adalah faktor lingkungan dan faktor ekonomi karena maraknya penggunaan gadget dikalangan masyarakat, membuat masyarakat lainnya enggan untuk tidak memiliki gadget yang berkualiatas tinggi atau bahkan kebutuhan ekonominya yang menyusut sehingga ada pemikiran pada pengguna gadget untuk melakukan aksi kejahatan. Seperti seseorang melakukan penipuan di dunia maya demi membeli gadget yang lebih bermerk dan hal tersebut di lakukan karena ketidakmampuan ekonomi sehingga mempengaruhi seseorang untuk berbuat tindak kejahatan.

Hal tersebut banyak ditemukan di dalam dunia maya, seperti yang banyak terjadi dimana seseorang menyamar sebagai anggota keluarga, dan meminta orang itu untuk mentransferkan sejumlah uang dengan memakai akun fake, dengan alasan membeli buku dan lain sebagainya.

Hampir setiap orang menggunakan gadget dan menghabiskan waktu mereka dalam kesehariannya. Data statistik menunjukkan proyeksi penggunaan smartphone di Asia Tenggara tahun 2016-2019 setiap tahunnya  meningkat 15% dari data 2016 pengguna sebanyak 70 juta jiwa sampai pada tahun 2019 sebanyak 90 juta jiwa. Aplikasi yang paling sering digunakan adalah facebook sekitar 88 juta pengguna perbulan dan aplikasi ini yang paling banyak digunakan seseorang untuk melakukan tindak kejahatan.

Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku pada daerah tertentu diakibatkan kesibukan menggunakan gadget. Namun di sisi lain gadget sangat bermanfaat bagi manusia seperti mempermudah manusia untuk mengerjakan tugas-tugas,bisa menulis secara mudah, dan cepat, mudah mendapatkan informasi dan mudah dalam berkomunikasi.

Masuknya budaya barat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang kecanduan gadget, bisa menghilangkan rasa nasionalisme dan lebih mencintai produk dari luar negeri. Gadget yang paling banyak digunakan saat ini adalah smartphone yang ukurannya kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Kemajuan teknologi membuat perubahan yang begitu besar  dalam kehidupan manusia dan memberikan dampak yang begitu besar pada nilai-nilai kebudayaan. Penggunaan gadget tidak hanya berasal dari kalangan pekerja , namun sekarang hampir di semua kalangan menggunakan gadget terutama gadget sangat diminati di kalangan remaja.

Kadang kala penggunaan gadget di masyarakat yang tidak sesuai dengan fungsinya malah menimbulkan persoalan. Seperti menggunakan gadget untuk memfitnah seseorang, sehingga menimbulkan kontradiksi dan perpecahan di antara keduanya dan memicu terjadinya perkelahian serta memutus tali silaturahmi di antara keduanya dan itu sebuah tindakan kriminal yang dapat dijerat oleh hukum.

Kecenderungan masyarakat yang hidup bergantung dengan gadget menyebabkan perubahan gaya hidup pada mereka. Dalam hal berkomunikasi di mana masyarakat dahulu, ketika ingin berkomuniksi  dengan masyarakat lainnya hanya bisa dilakukan dengan bertemu secara langsung. Untuk wilayah jauh biasanya melakukan komunikasi lewat surat menyurat, namun kehadiran gadget mengalihkan proses komunikasi ke arah yang lebih mudah dan bervariasi dan meninggalkan kebiasaan seseorang yang dulu.

 Teknologi yang semakin canggih merupakan produk manusia sendiri,tanpa disadari produk yang dihasilkan menjadikan diri kita terasingkan dalam artian menyendiri, karena power gadget yang mampu menghipnotis diri kita sehingga kita merasa sangat butuh akan gadget sehingga pola komunikasi di masyarakat semakin kurang. Akibatnya, timbul sifat ketergantunan dariyang kita ciptakan.

Kuantitas gadget yang berkembang sangat pesat dan bervariasi sehingga banyak produsen memproduksi gadget murah dengan masa penggunaannya terbatas, sehingga banyaknya varian gadget memicu masyarakat untuk membeli, apalagi dengan harga murah masyarakat awam khususnya langsung tertarik tanpa memikirkan kualitasnya.

Teori struktural fungsional dari Auguste Comte dalam menelaah struktur dan dinamika sosial, teori ini mengasumsikan bahwa masyarakat dapat dilihat sebagai sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang memiliki fungsi dan saling bergantung satu dengan yang lain. Jika bagian-bagian sistem berfungsi, maka akan dicapai keadaan normal, jika sebaliknya yang terjadi maka akan berkembang keadaan patologis, sehingga terjadi ketidakseimbangan yang akan menimbulkan perubahan sosial.

Dilihat dari perspektif teori tersebut, gadget sebagai media komunikasi yang menyebar dan digunakan di masyarakat dapat dipahami sebagai bagian dari perubahan sosial yang dampaknya dapat mengganggu keseimbangan. Oleh karena itu, penyalahgunaan gadget oleh manusia berdampak pada patologi sosial.

Masyarakat khususnya pengguna gadget harus mengetahui fungsi utama dari gadget itu sendiri dan pastinya penggunaannya tidak melampaui batas kewajaran. Jangan biarkan gadget memperbudak dan mengatur kita, bijaksanalah dalam menggunakan gadget, karena waktu sangat berharga untuk dibuang hanya karena ketergantungan aktivitas memakai gadget yang tidak bermutu.

Seseorang harus pintar dalam memanfaatkan gadget yang mengarah pada hal yang sifatnya positif dan harus mengetahui standar penggunaannya. Kesadaran dalam menggunakan gadget merupakan hal utama yang harus di tanamkan pada pribadi agar tidak terjerumus dalam hal yang berpotensi menimbulkan dampak negatif, sehingga harus ada manajemen waktu yang digunakan agar aktivitas yang lain tidak terbengkalai.

Sumarni. Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Makassar Angkatan 2017.

Posting Komentar

0 Komentar