Bupati Barru Resmikan Teknik Berkebun Merica Etong Di SMKN 4 Barru

BARRU, ARUSMUDA.COM - Merica tentu sudah familiar dengan kita semua, tetapi Merica Etong, tentu menimbulkan pertanyaan di benak publik, apakah itu sejenis merica varietas baru? 

Rupanya, Merica Etong bukanlah varietas merica baru, Etong adalah sebuah teknis bertanam merica yang merupakan singkatan dari efektif, terawat, optimal, namun gampang.

Teknik Etong remi diperkenalkan oleh Bupati Barru, Suardi saat menghadiri peringatan Isra Mikraj SMKN 4  Pujananting, Kabupaten Barru, Senin (15/04/2019).

Pada kegiatan yang dirangkaikan dengan perpisahan siswa yang telah menamatkan pendidikan di sekolah tersebut, Suardi berkenan melihat langsung kebun percontohan yang dikelola oleh siswa jurusan perkebunan.
Lisensi menanam merica dengan teknik Etong, Andi Etong ikut mendampingi Bupati Barru saat orang nomor satu di kabupaten tersebut  melakukan penanaman perdana merica kualitas terbaik ini. 

"Tehnik ini sangat inovatif dan cocok dikembangkan di daerah Barru, selain inovatif tehnik ini juga sangat produktif, dan rencana akan di kembangkan di Barru." Ungkap Bupati.

Sementara itu, Andi Etong menceritakan bahwa Teknik Etong merupakan buah kerja kerasnya melakukan penelitian selama delapan belas bulan."

"Kami bersama tim Etong Foundation mengajak masyarakat bersama mengembangkan tehnik ini mengingat estimasi biaya yang ekonomis dan merica merupakan komoditi ekspor dan salah satu bahan pokok utama. "

Lanjutnya, "Ini pertama di Barru, tentunya kami sangat mengapresiasi SMKN 4 Barru dan Pemda Barru yang mau bersama mengembangkan budidaya merica."

Di hadapan ratusan siswa, Kepala SKPD se-Kab Barru, serta Kepala Desa Pujananting, Andi Etong menyampaikan bahwa pihaknya juga telahmenerapkan percontohan di beberapa kantor desa dan beberapa sekolah di sulsel.

Laporan Kontributor Barru
Samsuryadi +6285299252486

Posting Komentar

0 Komentar