Wagub Sulsel Kutuk Aksi Terorisme di Selandia Baru

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengutuk keras aksi terorisme, yang menyerang umat Islam saat akan menjalankan ibadah Salat Jumat di Masjid Al Noor dan Masjid Lindwood, kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/03/2019), pukul 13.40 waktu setempat.

"Ini kejahatan kemanusiaan dan perbuatan yang sangat keji. Saya mengutuk dengan keras aksi teroris yang menembaki umat Islam yang akan menjalankan ibadah di dua masjid di Selandia Baru," ujar Andi Sudirman. 

Seperti diketahui sebelumnya, dua insiden penembakan terjadi di Masjid Al Noor dan Masjid Lindwood di Kota Christchurch, Selandia Baru, ketika warga Muslim setempat sedang melaksanakan ibadah Salat Jumat di dalam masjid. Dilaporkan sebanyak 40 korban meninggal dunia dalam insiden ini.

Pihak kepolisian setempat menyebutkan, sudah mengamakan empat orang pelaku penembakan dan masih melakukan investigasi akan motif pelaku. 

Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam rilisnya  mengatakan, Pemerintah Indonesia "mengecam keras" aksi penembakan di Christchurch, Selandia Baru. Dilaporkan, terdapat tiga WNI yang menjadi korban dalam insiden ini. 

Pemerintah Indonesia juga berupaya berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memantau situasi, termasuk dengan menerbangkan Duta Besar Tantowi Yahya dari Wellington ke Christchurch. (rilis)

Posting Komentar

0 Komentar