IGI Terus Dorong Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan kompetensi guru, Ikatan Guru Indonesia (IGI) terus bergerak untuk menggelar kegiatan di berbagai kota di Indonesia.

Seperti terlihat pekan lalu, meskipun para aktivis IGI dari seluruh Indonesia berkumpul di Jakarta untuk Rakornas dan sibuk menggalang dana membantu kawan-kawan Palu, mereka bergerak tak kenal lelah.

Dari Aceh hingga Papua, IGI terus bergerak sebagai bagian dari upaya meningkatkan kompetensi guru, demi terciptanya proses pembelajaran yang bisa mewujudkan siswa lebih cerdas dan berkarakter.

"Laporan dari banyak tempat, PLPG dan PPG tidak banyak mengubah suasana kelas menjadi lebih berkualitas, lebih nyaman, lebih mengairahkan dan tidak dapat diharapkan." Ungkap Ketua Umum Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (PP IGI), Muhammad Ramli Rahim.

Lanjut Ramli, Kemdikbud harus membuat assement yang dapat menguji sejauh mana PPG dan PLPG berpengaruh terhadap siswa. Jika tak berpengaruh, sebaiknya kerjasama dengan LPTK ditinjau kembali.

"Salah satu keluhan yang muncul dibanyak tempat adalah dosen-dosen pengasuh PPG dan PLPG tidak memiliki kualitas yang memadai untuk menjadikan guru dapat mengubah ruang-ruang kelas itu." Lanjut Ramli.

Ramli juga mengungkap bahwa hasil jajak pendapat yang mereka lakukan, dosen-dosen dimaksud tidak siap untuk mengisi PPG dan PLPG.

"Amat sangat jauh berbeda upaya membuat dokter jadi profesional dengan upaya membuat guru jadi profesional." Tegas Ramli.

Berdasar kondisi tersebut, Ramli mengungkap bahwa IGI terus menggelar berbagai pelatihan yang diharapkan mampu mengubah ruang-ruang kelas di seluruh Indonesia, sebagai berikut:
1. Segupasi (Semua Guru Paham Pendidikan Inklusi) di Kabupaten Tambrow Papua oleh Nursyamsi, 4 Oktober 2018;
2. Sagusaku (Satu Guru Satu Buku) di Bolaan Mangondow Selatan, Sulut oleh Arfiany Babay, 5-6 Oktober 2018;
3. Perumusan Tujuan Pembelajaran Format ABCD dan Pembuatan Soal HOTS, Selayar, Sulsel oleh Nursyamsi, 7 Oktober 2018;
4. Menemu Baling (Menulis Dengan Mulut Membaca Dengan Telinga) di Samarinda, Kaltim, 6 Oktober 2018 oleh Suparno Gupar;
5. Menemu Baling (Menulis Dengan Mulut Membaca Dengan Telinga) di Pasarwajo, Buton, Sulawesi Tenggara, 6-7 Oktober 2018;
6. Menemu Baling (Menulis Dengan Mulut Membaca Dengan Telinga) di Banjarnehara, Jateng, 6-7 Oktober oleh Ahmad Faizin dan Mampuono;
7. Menemu Baling (Menulis Dengan Mulut Membaca Dengan Telinga) di arena TPN di Jakarta, 5-7 Oktober 2018 oleh Nenny Ekosari dan Savitri Mutia Agustine;
8. Menemubaling, di Garut 13-14 Oktober 2018 oleh Wulan Widianingsih;
9.Pemamfaatan Office 365 dalam Pembelajaran di SDN 1 Massepe Sidrap Sulawesi Selatan 6-7 Oktober 3018 oleh Mansur, S.Pd;
10. E-Learning di MAN Insan Cendikia Aceh Timur, 6-8 Oktober 2018 oleh Khairuddin;
11. School To School Training (STST) Program 2018 IGI DKI Jakarta_sesi Pelatihan Interpersonal Skills_ di Yys. As-Sa’adah Al-Khaironiyyah Condet Jaktim. LF: Nurbaiti Kumala Al Mahmudi. PJ: Pengurus IGI Jaktim (Sabtu, 6 Oktober 2018);
12. School To School Training (STST) Program 2018 IGI DKI Jakarta _sesi Pelatihan Guru Fasilitator_ Guru TK/PAUD se Jakarta di Kampus Trilogi Jaksel. LF: Risang Rimbatmaja. (Sabtu, 6 Oktober 2018).


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top