Kuliah Tamu Prodi Sosiologi UNM Bahas Independensi Media di Tahun Politik

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar menggelar Kuliah Tamu di Ballroom Phinisi lantai 2, senin (14/05/2018) pagi. 

Kuliah Tamu yang diinisiasi sebagai upaya mengkanalisasi perbincangan antara mahasiswa dan pimpinan prodi melihat tema sosial kontemporer, mengangkat tema Indepensi Media di Tahun Politik.

Hadir sebagai pembicara adalah H. Faisal Syam (Direktur PT Fajar Media) dan Dr. Firdaus Muhammad (Pakar Komunikasi Politik yang juga Akademisi UINAM).

Ketua Prodi Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd. menjelaskan kegiatan ini di model Kuliah Tamu karena lanjutan dari mata kuliah Sosiologi Komunikasi dan Sosiologi Politik. 

"Ini adalah kali pertama kami lakukan sekaligus akan jadi rutinitas tahunan. Tentu temanya akan berbeda disesuaikan dengan mata kuliah dan fenomena yang berkembang." Imbuh Idham.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari tiga angkatan yakni 2017,  2016, 2015. Ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FIS UNM, Dr. Jumadi, M.Si.

Dalam sambutannya, Jumadi menyampaikan bahwa kegiatan ini menarik karena bisa jadi forum perbandingan. "Kuliah di kelas sudah cukup teoritik dengan hadirnya praktisi bisa menguatkan pandangan praktik." Ungkapnya.

Saat memaparkan pikirannya, Faisal Syam menegaskan bahwa media tetap berpihak tapi berpihaknya pada kebenaran. Ungkapnya sambil mengutip tagline media kami "bijak digaris tak berpihak". 

Sementara itu, Dr. Firdaus Muhammadlebih menyorot menjamurnya owner (pemilik dan pengelola) media berada di bawah kendali politisi.

"Ini mengkhawatirkan jika media tersebut disalahgunakan. Tentu ini catatan bagi media di Tahun Politik." Pungkasnya.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top