450 Siswa Ramaikan Try Out SBMPTN 2018 yang Digelar IMKS Kalbar

PONTIANAK, ARUSMUDA.COM - Menjelang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), para siswa  se-Kalimantan Barat menyatakan kesiapan untuk mengikuti seleksi tersebut.

Mahasiswa Kabupaten Ketapang dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Tanjungpura, IKIP PGRI, Poltekkes, IAIN Pontianak, dan Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) yang terhimpun dalam Ikatan Mahasiswa Ketapang Serantau (IMKS) melaksanakan kegiatan Try Out SBMPTN se-Kalimantan Barat, 4-6 Mei 2018. 

Bertempat di Gedung Pemuda KNPI Kalimantan Barat Jl. Sumbawa No.9, Akcaya, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, sebanyak 450 siswa mengikuti try out SBMPTN.

Menurut ketua panitia pelaksana, Amir Hamzah Prabowo, kegiatan try out SBMPTN sudah diselenggarakan yang ke-10 kalinya sejak 2008.

"Sudah ada 3000 alumni dari try out SBMPTN Kabupaten Ketapang yang telah sukses masuk di perguruan tinggi pilihannya, dan kami bersyukur menjadi bagian dari keluarga besar tersebut," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tanggungjawab dan kepedulian sosial mahasiswa untuk  berperan serta dalam meningkatkan sumber daya manusia di daerah 

"Targetnya siswa-siswi yang mengikuti try out ini mampu memahami karakteristik soal dan mengerti cara menjawab soal-soal nantinya dan hasilnya lulus dikampus pilihannya," ujarnya.

Ia pun menambahkan, terdapat 2 jalur ujian dalam SBMPTN yakni ujian tulis berbasis cetak (UTBC) akan dilaksanakan pada 8 Mei 2018 dan ujian tulis berbasis keterampilan (UTBK) dilaksanakan pada 9 Mei dan atau 11 Mei 2018 mendatang yang bertempat di Universitas Tanjungpura.
Beberapa materi ujian tulis yang dites di SBMPTN dibagi menjadi tiga kelompok ujian yaitu Sains dan Teknologi meliputi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains (TKD) Saintek.

Kemudian, kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Kelompok terakhir adalah ujian campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan try out SBMPTN se-Kalbar yakni Abdul Rahmi (DPD RI), Isnadi (tokoh muda Kota Pontianak), Ahmad Saufi (Penasehat IMKS), jajaran pengurus IMKS dan Panitia pelaksana.

Posting Komentar

0 Komentar