Tarif Dasar Listrik Melangit, Rakyat Sinjai Menjerit

SINJAI, ARUSMUDA.COM - Tarif Dasar Listrik kian melangit, Perusahaan Listrik Negara (PLN) diam-diam menaikkan harga listrik per Kwh pada 1 Mei 2017 kemarin.

Tak tanggung-tanggung, kenaikan TDL mencapai 30 persen dari harga sebelumnya. Golongan daya 900 yang sebelumnya dibanderol sebesar Rp. 1.034 per Kwh, maka mulai 1 Mei naik menjadi Rp. 1.352 per Kwh.

Kenaikan ini membuat masyarakat kaget sekaligus resah. Mereka kaget karena tak ada sosialisasi sebelumnya dari PLN, dan resah karena TDL kian tak terjangkau.

Nurfatih (24) seorang ibu rumah tangga di Sinjai Timur mengaku kaget ketika melihat jumlah Kwh yang tertera di struk pembelian listrik prabayarnya lebih kecil dari struk pembelian sebelumnya, padahal dia membayar harga yang sama.

"Harusnya PLN Sinjai memberikan himbauan jika tarif listrik mengalami kenaikan sehingga kami sudah tahu kalau ada kenaikan tarif listrik," katanya kemudian.

Sementara itu, Kepala PLN Sinjai, Mutalib saat dikonfirmasi terkait kenaikan TDL tersebut mengatakan bahwa untuk Kwh daya 900 sudah di cabut subsidinya dan dilakukan secara bertahap.

Lanjut Mutalib, "Kecuali yang masuk kategori warga miskin dan terdaftar di Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), itu masih dengan harga subsidi."

Posting Komentar

0 Komentar