Mau Diundang Makan Siang Oleh Presiden, Ikuti Aksi Babinsa Ini

BUTON, ARUSMUDA.COM – Namanya Kopka Sutardi, seorang Babinsa dengan NRP 31960260520876. Hari ini, selasa (02/05/2017) Sutardi mendapatkan kehormatan diundang makan siang bersama Presiden Jokowi di Istana Negara.

Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional dengan Tema ”Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas”, Babinsa berpangkat kopral tersebut masuk bidikan istana sebagai salahsatu pihak yang dianggap berjasa bagi pemerataan pendidikan.

Adalah hal langka seorang dengan pangkat yang tidak mentereng berkesempatan berjumpa langsung bahkan makan bersama presiden, tapi Kopka Sutadi adalah pengecualian.

Bermula dari perintah Pangdam VII/Wirabuana (sekarang Kodam XIV/Hasanuddin), Mayjen TNI Agus SB setahun yang lalu, agar seluruh satuan, terutama Kodim, Koramil maupun Babinsa mendukung prpgram percepatan pemerataan pendidikan, Kopka Sutardi pun bertindak cepat.

Bekerjasama dengan aparat desa di Desa Holimombo, Desa Koholimombona dan Desa Bajo Bahari Kec. Wabula Kab. Buton merupakan daerah pesisir kepulauan dan terpencil yang berada di Propinsi Sulawesi Tenggara, Sutardi mendirikan rumah baca serta perpustakaan keliling.

Tanpa kenal lelah, selama setahun Sutardi berkeliling membangkitkan minat baca dan kemampuan menulis masyarakat, alhasil, dalam waktu setahun tingkat buta aksara penduduk setempat yang bertengger pada angka 90 % berhasil dia lorotkan ke posisi 55 %.

Aktivitas, kreativitas dan ketangguhannya melintasi beberapa pulau, anggota Koramil Pasar Wajo Kodim 1413/Buton itu, mendapatkan tempat dihati masyarakat di ketiga perkampungan tersebut, dan mendapatkan banyak pujian dari para petinggi Pemerintah Kab. Buton dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara serta Dinas terkaitnya.


Hasilnya, pada puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional di Instana Negara hari ini, Kopka Sutardi mendapatkan kehormatan untuk makan siang bersama dengan Presiden Jokowi.

Posting Komentar

0 Komentar