Hebat, Aplikasi ‘e-APBDes’ yang Akan Digunakan Bappenas Adalah Karya Putra Luwu

LUWU, ARUSMUDA.COM – Semua berawal dari penghargaan sebagai Best Inovastion dalam ajang Youth Economic Leadership Program (YELP) yang digelar oleh Bank Indonesia di Bogor, 9 Maret 2017.

Sejak itu, aplikasi ‘e-APBDes’ karya Muhammad Romario Basirung, putra Kelahiran Desa Parekaju, Ponrang, Kabupaten Luwu, 13 Mei 1994 membuat Bappenas kepincut dan berniat memakainya.

“Saya diajak oleh Bappenas, untuk bisa digunakan secara nasional. Sisa tanda tangani Memorandum Of Understanding (MoU)-nya,” katanya kepada wartawan, ahad (07/05/2017).

Bahkan, lanjut Romario, pada selasa (09/05/2017) besok, dirinya diundang oleh Bank Indonesia, untuk mempresentasikan karyanya tersebut dihadapan Bupati/wali kota se-Indonesia di Jakarta.

Fungsi e-APBDes yang dibuat Romarion adalah memberikan kemudahaan mengelola transparasi pengelolaan dana desa. Melalui Short Message Service (SMS), masyarakat desa dapat mengetahui informasi dana desa tanpa koneksi internet.

“Kalau e-APBDes ini dapat menyalurkan informasi melalui sms gateway dan pengumuman melalui media offline yang memadai di Desa,” kata putra pasangan Daeng Pala dan Naharia ini menjelaskan.

Menurut mahasiswa angkatan 2012 ini, apabila pemerintah desa telah mengetahui tentang traparansi pengelolaan dana maka masyarakat akan antusias terlibat. Perangkat desa juga akan dengan terbuka pada masukan masyarakat mengenai prioritas penggunaan anggaran di desa tersebut.


“Proyek ini nantinya akan dimulai pada bulan Juli tahun 2017 di Desa Parekaju, Kec. Ponrang, Kab. Luwu sebagai Pilot Project Nasional,” kata Mario yang saat ini sementara kuliah di dua universitas yakni Universitas Negeri Makassar dan di Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Posting Komentar

0 Komentar