Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar FGD di Makassar

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM – Program Pascasarajana Manajemen Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba menyelenggarakan Focus Group Discussion Meningkatkan Peran Rumah Sakit dan Peran Tenaga Non Kesehatan di Rumah Sakit Tunggu Kelahiran dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu, di Hotel D’ Maleo Makassar, Sabtu 29/04/2017.
Ketua tim penyelenggara Muhammadiyah maternal neonatal center dr. Supriyatiningsih Sp.OG, M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba dr.Gaffar M.Epid menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh perwakilan dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Makassar, Bulukumba dan Bantaeng, kemudian perwakilan dari RSIA Khadijah 1, RSIA Fatimah, RSKDIA Pertiwi dan Faisal Kota Makassar.
Dalam kegiatan ini dijelaskan pemanfaatan rumah tunggu kelahiran dan penelitian penyebab kematian ibu yang meningkat. Dimana jumlah kematian ibu tahun 2007 sebanyak 228, 359 di tahun 2012, dimana 2015 ini target MDG’S bisa menurun menjadi 102. Kemudian penyebabnya salah satunya adalah 31% keterlambatan dalam merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat 1 dan 53% kesalahan mengambil keputusan klinik.
Diharapkan dalam kegiatan ini akan diselenggarakan edukasi melalui modul pelatihan dan konsep kegiatan di rumah tunggu kelahiran.

Posting Komentar

0 Komentar