Sekda Toraja Buka FGD Pengembangan Klaster Inovasi Berbasis Kopi

TANA TORAJA, ARUSMUDA.COM - Focus Group Discussion (FGD) pengembangan klaster Inovasi berbasis Kopi untuk mendukung agrowisata di Toraja digelar di ruang rapat Hotel Heritage 21 April 2017 dibuka oleh Sekda Toraja Utara, Lewaran Rantela’bi.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi sebagai rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang akan berlangsung pada Bulan Agustus 2017 mendatang di Makassar.
Sekda Toraja Utara, Lewaran Rantela’bi dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka mempromosikan industri produk Kopi di Toraja dengan kwalitas kopi yang baik akan semakin meningkatkan wisatawan yang datang ke Toraja.
“Identifikasi yang dihasilkan dalam focus Group Discussion (FGD) seiring dengan visi misi pemerintahan Kaboro, diharapkan untuk merumuskan kegiatan dan program-program sebagai upaya memajukan kesejahteraan masyarkat ke depan dan kiranya FGD menghasilkan program yang dapat dijadikan acuan untuk program 2018 mendatang,” harap Lewaran.
Sementara Direktur Sistem Inovasi, Dr.lr.Ophirtus Sumule dalam sambutannya  menyampaikan, kegiatan ini sebagai MoU yang sudah ditandatangani bupati Toraja Utara pada Bulan Agustus tahun lalu.
Menurutnya, potensi daerah pariwisata dan kopi jika digabungkan menjadi satu akan lebih mudah memperkenalkan Toraja ke dunia luar. 
“Sehingga kita akan bersama sama bagaimana mengembangkan pariwisata di Toraja Utara untuk mendorong pemkab dalam melaksanakan kegiatan. Bisa mengedintifikasi hal hal yang akan dikembangkan dari sisi sosial, teknologi dan riset yang kemudian di sepakati dan menjadi program yang akan dianggarkan oleh pemerintah,” jelas Ophir.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah OPD, Camat  se Toraja Utara dan sejumlah insan media dan pers.

Posting Komentar

0 Komentar