Nasdem Usung Cicu, Ketua Fraksi Nasdem: Dia keponakannya pak Ilham

MAKASSAR, ARUSMUDA.COM - Partai Nasdem Makassar solid mendukung Rachmatika Dewi bertarung di Pilwalkot 2018. Nasdem punya modal lima kursi di DPRD Makassar. Mereka sisa mencari tambahan untuk mencukupkan syarat pencalonan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Makassar, Mario David menjelaskan pihaknya sudah melakukan survei internal. "Kalau di Nasdem kita solid ajukan calon dari internal partai," ungkapnya saat ditemui di ruang Fraksi Nasdem DPRD Makassar, kemarin.

Nasdem pun bakal solid untuk mengusung Ketua DPW Garda Wanita Nasional Demokrat (Garnita) Malahayati Sulsel, Rachmatika Dewi. Rachmatika yang disapa Cicu juga menjabat ketua DPC Nasdem Makassar dinilai mampu bertarung di Pilwalkot. "Dia juga wakil ketua DPRD, dan bahkan dia caleg paling besar suaranya capai 27 ribu," ujarnya.

"Dia sosok perempuan dan punya keluarga besar di Makassar yang pernah menguasai 10 tahun atau 15 tahun terakhir ini. Dia keponakannya pak Ilham (mantan wali kota) kan. Jadi kita percaya diri saja mengusungnya," ungkap ketua Fraksi Nasdem DPRD Makassar ini.

Apalagi munculnya nama Cicu juga didukung oleh Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, bahkan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh merestui. "Pak Surya Paloh bahkan bilang pada pelantikan Garnita, dia bilang kalau di Surabaya ada Risma yang hebat, maka di Makassar ada perempuan hebat, cerdas, muda, dan cantik lagi. Itu sinyal untuk meningkatkan kepercayaan diri kami," tuturnya.

Nasdem pun merasa cukup pede untuk membidik koalisi besar melengkapi kursi di antaranya Demokrat, PPP, PKS, PAN, Gerindra bahkan Golkar. "Semua bagus, kami membangun ke semua partai, misal Golkar, apalagi Demokrat juga bisa. Bahkan PKS kita punya sejarah yang bagus di Takalar melawan petahana kita tumbangkan, dan PPP, PAN, Gerindra, jadi tiga empat bulan ke depan masih bisa dan dinamis," urainya.

Cicu harus bersaing dengan sejumlah nama populer. Mereka antara lain Farouk Mappaseling Betta, Syamsu Rizal, Rusdin Abdullah, Irman Yasin Limpo, dan Husain Abdullah. "Itu yang bermunculan. Dan nanti kita akan berdasar pada elektabilitas calon. Karena hitung partai kami harus berkoalisi. Kita harap kosong satu. Pada bulan delapan (Agustus) kita akan lihat," paparnya.

Mario pun menegaskan bila surveilah yang akan menentukan figur maju pada Pilwalkot. "Yang jelas kita akan lawan petahana," urainya.

Tim yang bergerak Rachmatika kata Mario, juga tim pemenangan yang memenangkan Ilham Arif Sirajuddin (IAS) di Pilwalkot dan tim bergerak pada pencalonan IAS pada Pilgub Sulsel lalu. Tim inilah yang siap menangkan Cicu.

"Sudah ada yang bekerja juga, misalnya tim batu putih. Yang notabene menangkan Pak IAS jadi wali kota dua periode, bahkan menangkan Pak Danny-Ical. Kita sudah minta tim batu putih turun," ungkapnya.

Pengamat politik dari Unhas, Adi Suryadi Culla mengatakan Pilwalkot Makassar memang cukup dinamis. Namun, kandidat masih sulit diprediksi yang menjadi usungan parpol. "Salah satu yang muncul, karena internalnya partai. Cicu juga punya jaringan politik tak hanya di Nasdem tapi tokoh yang lain itu seperti pak Ilham cukup berpengaruh," ungkapnya.

Selain itu, potensi Cicu bisa menjadi kuat sebab salah satu figur yang didukung Nasdem. "Baik itu dukungan DPP dan DPD, itu menjadi entri poin juga harus dilihat, serta Cicu bisa menjadi salah satu kandidat baru dari deretan nama pilwalkot sebelumnya," ujarnya.

Sumber:
Fajaronline.com

Posting Komentar

0 Komentar